PENERAPAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI

Kategori: Berita Kampus

“MENERAPKAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI

KAMPUS STIKES KARYA KESEHATAN MENEGUHKAN JATIDIRI SEBAGAI KAMPUS BERKUALITAS DAN TERJANGKAU

 

       Sistem Informasi Manajemen merupakan  sistem Informasi yang dibangun untuk membantu dan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi apapun di kampus secara online. Sistem Informasi Manajemen mempermudah kegiatan-kegiatan seperti proses akademik, penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen dan mahasiswa, keuangan, akreditasi, termasuk absensi dan masih banyak lagi. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung sebagai basis data untuk analisis  dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategis Kampus.

       Pemanfaatan Tehnologi informasi dan komputer merupakan sesuatu  hal vital dan sangat menentukan kemajuan dan kualitas perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan global. Lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas tentunya harus memiliki sistem informasi manajemen pendidikan yang baik, guna memberikan pelayanan prima kepada seluruh mahasiswa, tenaga pengajar, pengelola maupun pemangku kepentingan lainnya di luar lembaga Perguruan Tinggi itu sendiri.

           Stikes Karya Kesehatan dengan dukungan penuh dari Yayasan Karya Kesehatan telah mencanangkan penerapan Sistem informasi managemen pada seluruh kegiatan kampus pada semester ganjil 2022/2023 mendatang. Beberapa kegiatan telah dilakukan untuk mensukseskan penerapan sistem ini diantaranya Sosialisasi dari yayasan dan dilanjutkan beberapa kali pertemuan pemantapan bersama pengelola, dosen dan yayasan.

     Adapapun Sistem informasi manajemen yang akan diterapkan adalah sebagai berikut:

1.   Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

2.   Learning management system (LMS)

3.   E-ATTENDANCE

4.   LAHP

5.   E-LIBRARY

6.   SIPENMARU

Decision Support System (DSS)


Tentunya penerapan sistem ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dari penerapan SIAKAD, laporan aktivitas Harian tenaga, dan kegiatan Sipenmaru” demikian penjelasan Ketua Badan Pembina Yayasan Dr. Tuti Dharmawati, SE., M.Si., Ak., QiA., CA.  Evaluasi akan dilakukan secara periodik untuk menganalisis kendala dan perbaikan” sambung Ketua Stikes Dr. Muh. Syaiful Saehu, ST., M.Si.







File Attachment : news_MENERAPKAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI_3.pdf